Jumat, 27 Desember 2013

Strata Kepemimpinan

Artikel ini merupakan kiriman dari Saudara Abdul Rochim alumni SMK N 1 Salam angkatan 2011. Bagi anda yang mempunyai tulisan dan ingin ditampilkan di Blog ini, anda bisa mengirimkan ke alamat email masjier.pramukaskanisa@blogger.com

Strata Kepemimpinan
  1. Strata Kepemimpinan
Merupakan sebuah upaya pengendalian diri berdasarkan waktu fungsional dan waktu rasional. Kedua ini harus didasari dengan kemauan dan kemauan diri dan keyakinan diri yang bermula dari mimpi.
  • Waktu Fungsional

Merupakan waktu yang pasti / tidak sia / sia berdasarkan realita maupun kenyataan yang ada. Contoh ; menbedakan waktu yang yang secara abstrak dan logis dari waktu awal sampai waktu atau keadaan berakhir.
Waktu fungsional ibarat air yang mengalir dari sungai menuju titik tumpu pemberhentian, dimana air tersebut berfungsi sebagai penghantar daya percepatan keberhasilan waktu dan keadaan. Semakin cepat waktu yang berjalan semakin cepat pula tingkah laku waktu fungsional.
  • Waktu Rasional
Merupakan hikayat aliran jiwa seseorang yang diyaikini kepercayaan dan keyakinan yang teguh berprioritas pada waktu asensial. Waktu assensial ini bermula dari sebuah kata atau mutiara yang terusi dalan jiwa dan disebabkan adanya keterkaitan dengan keyakinan spiritual dan rohani .
Contoh ; menbedakan waktu dan tempat berdasarkan kronologi dan realita sebenarnya
Waktu rasional ini tidak dapat diungkit lagi dengan keperdayaan dan kehebohan secara serentak karena waktu ini merupakan hak paten yang tidak dapat diubah lagi dan tidak akan berjalan kembali.
  1. Strata Kepemimpinan Fungsional dan Rasional
Strata Fungsional terbagi 3 yaitu :
  • Strata Kondisional / Situasi
  • Strata Realistic
  • Strata Regionalistic
Strata Rasional terbagi 3 yaitu :
  • Strata Intrasional
  • Strata Ekstrasional
  • Strata Multisional
Strata Intrasional merupakan sebuah upaya dan metode kepemimpinan yang bermula dari jiwa dan batin yang kuat berdasarkan kepercayaan dan pengetahuan diri.
Misal ; emosi, amarah,kepekatan rasional

Strata Eksternal merupakan sebuah ganbaran / ilustrasi kepemimpinan yang bermula dari situasi luar atau lingkungan bermula dari orang lain
Misal ; bujukan, rayuan,persuasi dan motivasi

Strata Regional merupakan sebuah gagasan atau ide yang realistic leadership yang bermula dari keadaan dan lingkungan luar/dalam berdasarkan kepercayaan ataupun keyakinan diri dan mampu menjadikan satu semua realita dan kehidupan yang ada secara global
  • Persuasi Leadership
Sebuah upaya psykologis seseorang sangatlah penting dan berharga demi mewujudkan visi dan misi yang sudah diagendakan sebelumnya. Visi yang teragendakan harus menyesuaikandengan misi yang sesungguhnya agar dapat mencapai puncak / target sesungguhnya. Ini harus mempunyai peran aktif dan subyektifitas yang tinggi tidak mengandung provokasi dan sensitif notabane, sehingga dibutuhkan jiwa yang lugas dan terarah. Sikap seorang pemimpin yang mempunyai persuasi tinggi dapat melawan dan mempertimbangkan situasi internaldan eksternal. Situasi ini dapat dipilih berdasarkan kemampuan dan ketahanan sosial yang tinggi. Subyektifator merupakan peran utama/pokok permasalahan yang mempunyai peran aktif dan bertanggung jawab secara penuh. Peran Regional dan Rasional mempunyai prinsip sbb :
  1. Ing ngarso sung tuladha : Yang depan memberikan dorongan/contoh
  2. Ing madyo mangun karsa : Ditengah memberi semangat dan motivasi
  3. Tut wuri handayani : Dibelakang memberi dorongan / semangat
Semua itu mrupakan sebuah hikayat / prioritas utama terwujudnya asa/norma/nilai – nilai perilaku seorang Leadership




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis tanggapan, kritik, saran atau komentar anda.
Tulis dengan bahasa yang sopan.
Makasih